Statistic Perayapan Blog Saya

Setelah sekian lama tidak pernah update blog, maka saya memperbarui theme blog saya yang lama yang belum responsive dengan theme baru yang responsive sesuai anjuran google. Seperti apa update terbaru google? Anda bisa baca tentang anjuran penggunaan theme responsive pada blog.

Di theme lama (Johny Jijay) sudah mobile friendly, itu bisa diketahui dengan cara kita buka di perangkat mobile atau bisa langsung di cek di web dengan memakai tools yang dimiliki google search console. Namun kekurangannya adalah theme itu belum responsive, jadi tidak friendly dengan perangkat mobile seperti tablet dan smartphones.

Dengan memakai theme baru bernama "Invert Grid" dari Arlinadzgn.com. Maka saya bisa menganalisa data statistiknya tentang waktu, berapa Kb yang digunakan theme saya yang saya pakai ini dibandingkan dengan theme lama yang tidak responsive itu menggunakan fitur statistik perayapan yang ada di search console. Akhirnya di dapat data perbandingan seperti pada grafik berikut ini:

Data Statistik Perayapan (90 hari terakhir) memakai theme "Johny Jijay"

Statistic Perayapan Blog Saya

Statistic Perayapan Blog Saya


Bisa dilihat dari statistik perayapan, berapa halaman yang dirayapi per hari, berapa Kb halaman yang diunduh per hari, dan berapa waktu yang dibutuhkan untuk mengunduhnya.

Untuk data statistik perayapan theme yang baru, kita tunggu 90 hari lagi...


Statistik perayapan ini penting untuk mengetahui seberapa cepat halaman web/blog itu bisa dibuka sepenuhnya. Semakin cepat mengunduh halaman, maka semakin bagus pula pengaruh web/blog kita di SERP. SERP tidak menyukai halaman yang terlalu lama diunduh, karena ini akan tidak bisa dibuka terutama untuk daerah dengan area yang kecepatan internetnya masih sangat lambat--seperti di Indonesia bagian pelosok.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan loading sebuah website / blog, diantaranya adalah:
  • Gambar
  • Script
Untuk mengatasi hal itu ada trik khusus silahkan baca cara memperkecil ukuran gambar di web dan cara mempercepat loading javascript pada blog.

KESIMPULAN
Belum ada kesimpulan...
Previous
Next Post »